PEMBUKAAN MUSRENBANG KECAMATAN

Camat Pulosari yang diwakili oleh Sekcam Pulosari Sutopo, SH memberikan sambutan pada pembukaan pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan Pulosari yang dilaksanakan pada hari Selas-Rabu tanggal 3-4 Februari 2020. Berikut sambutan Camat Pulosari yang dibacakan oleh Sekcam Pulosari :

SAMBUTAN CAMAT PULOSARI

PADA ACARA PEMBUKAAN

MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN

(MUSRENBANG)

KECAMATAN PULOSARI TAHUN 2020

Pulosari, 3 Februari 2020

Bismillahirrahmanirrahim

Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillaahirabbil ‘aalamiiin washolaatu wassalaamu ‘alaa sayyidina Muhammaddin wa’alaa alihi washahbihi ajma’iin

Yang kami hormati,

  • Anggota DPRD Dapil V Kabupaten Pemalang
  • Ketua Tim Monitoring Musrenbang Kabupaten Pemalang beserta rombongan.
  • Muspika Kecamatan Pulosari
  • Kepala SKPD se-Kecamatan Pulosari
  • Para Kepala Desa beserta Ibu se-Kecamatan Pulosari
  • Dan yang kami cintai dan kami banggakan para pejuang pembangunan yaitu Delegasi Musrenbang se-Kecamatan Pulosari Serta para hadirin sekalian yang berbahagia

Marilah tiada hentinya kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena atas anugerah nikmat Iman, Islam dan kesehatan serta kesempatan, kita masih diberi kehidupan sehingga dapat menghadiri Musrenbang pada hari ini. Selanjutnya shalawat dan salam kita sanjungkan kepada junjungan alam Nabi Agung Muhammad SAW, yang telah membawa kita ke alam yang penuh pengetahuan dan peradaban seperti yang kita rasakan saat ini.

Hadirin dan Peserta Musrenbang sekalian yang berbahagia,

Pembangunan merupakan suatu proses perubahan yang dilakukan untuk mencapai suatu kondisi ideal yang kita inginkan. Perubahan dapat terjadi dalam berbagai bentuk, baik itu melalui pengadaan prasarana, penciptaan atau penataan struktur, ataupun pembentukan mentalitas tertentu. Pembangunan juga merupakan suatu proses transformasi dari kondisi aktual yang dirasakan masih kurang kepada kondisi ideal yang diharapkan dapat dipenuhi.

Keberhasilan suatu program pembangunan haruslah diawali dengan perencanaan yang terarah, cermat dan terukur. Pada hari ini, kita melaksanakan Musrenbang dalam rangka penyusunan perencanaan pembangunan untuk tahun 2021 mendatang, atau lebih dikenal dengan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021.

Pelaksanaan Musrenbang pada hari ini adalah lanjutan proses Musrenbang di masing-masing desa yang telah dilaksanakan pada bulan Oktober 2019 yang dilanjutkan dengan Verifikasi Usulan kegiatan Musrenbangdes baik secara administrasi maupun lapangan sebagai salah satu indikator bahwa usulan kegiatan tersebut Layak atau tidak layak dibahas dalam Musrenbang Kecamatan

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Mendasarkan  pada  amanat  Undang-Undang  Nomor  25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, bahwa  Pemerintah dan  Pemerintah Daerah  diwajibkan menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP/D), Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM/D) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP/D) sebagai rencana tahunan.

Serta berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang  Pelaksanaan  Peraturan  Pemerintah  Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Perencanaan Pembangunan Daerah, bahwa dalam hal daerah belum mempunyai RPJMD sebagai dasar penyusunan RKPD, maka menggunakan RPJPD sebagai pedoman. Mendasarkan pada RPJPD, maka  awal  pelaksanaan  lima  tahunan  tahap  ketiga RPJPD   diarahkan   pada   pemanfaatan   potensi   ekonomi daerah untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hadirin para undangan yang saya hormati,

Pembangunan tidaklah menjadi tanggungjawab pemerintah semata, meskipun domainnya berada pada pemerintah. Namun, keterlibatan atau partisipasi semua pihak sangat mempengaruhi keberhasilan pencapaian indikator pembangunan. Partisipasi semua pihak dimulai dari proses perencanaan, proses pelaksanaan pembangunan itu sendiri, bahkan lebih jauh lagi adanya partisipasi dalam memelihara hasil-hasil pembangunan. Untuk itu pembangunan haruslah menjadi milik bersama, harus ada rasa memiliki oleh semua pihak, sehingga keberhasilan dan keberlanjutan pembangunan dapat terjaga.

Melalui forum Musrenbang ini, kita bersama-sama mencari solusi terhadap permasalahan yang kita hadapi, antara lain kerusakan infrastruktur dan degradasi lingkungan, masih rendahnya indeks kesehatan, rendahnya daya saing pendidikan, masih tingginya angka kemiskinan dan lain sebagainya. Untuk itu, berilah masukan-masukan konstruktif bagi pembangunan di tahun 2021 yang akan datang, dengan memperhatikan kemampuan dan kewenangan yang kita miliki.

Kemampuan daerah untuk membiayai berbagai program pembangunan masih terbatas, untuk itu perlu kesadaran dan pemahaman semua pihak mengenai keterbatasan tersebut, bahwa tidak semua program akan dapat didanai, tetapi haruslah disusun prioritas dari daftar panjang program-program yang ada. Selain itu, perlu juga dicarikan peluang pendanaan dari sumber lain, baik dari APBD Prov, APBN ataupun kerjasama swasta dalam rangka investasi. Selain itu, dengan adanya kerjasama dan sinergitas dengan kebijakan pembangunan Pemerintah Kabupaten Pemalang dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Pusat, sehingga berbagai isu dan permasalahan yang berkembang dapat segera direspon ke arah yang lebih baik.

Keakuratan data sebagai basis perencanaan haruslah diperkuat, sehingga tidak terjadi salah perencanaan yang mengakibatkan tidak efektif dan efisiennya pembangunan. Di samping itu, pembangunan juga harus mempertimbangkan hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan lingkungan. Dalam upaya eksplorasi dan eksploitasi sumber-sumber daya alam untuk tujuan ekonomi dan pembangunan, haruslah diingat bahwa masih ada generasi mendatang yang juga harus hidup dari kekayaan alam yang kita nikmati sekarang

Hadirin dan peserta Musrenbang yang berbahagia,

Demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga Allah SWT memberikan ridha-Nya atas segala upaya kebaikan yang kita lakukan dalam membangun daerah. Akhirnya dengan mengucapkan :

Bismillahirrahmanirrahim

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan Pulosari  Tahun 2020

dengan resmi saya nyatakan dibuka

Wallahul muafiq ila aqmaith thariiq,

Wssalamu ‘alaikum Wr. Wb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *