Bank Sampah Wijaya Kusuma Kecamatan Pulosari

Dalam rangka mengantisipasi lonjakan sampah di wilayah Kecamatan Pulosari, Tim Penggerak PKK Kecamatan Pulosari bersama PLKB mendirikan Pengelolaan Bank Sampah dengan nama “Wijaya Kusuma”.

Bank Sampah Wijaya Kusuma sementara ini masih menampung sampah dari warga mayarakat dengan metode menabung sampah. Masyarakat membawa sampah ke Bank Sampah selanjutnya ditimbang dan dicatat oleh petugas yang nantinya tabungan sampah tersebut diganti dengan tabungan berupa uang tunai dan dapat diambil saat menjelang lebaran.

Manfaat dari Bank Sampah itu sendiri adalah sebagai upaya antisipasi lonjakan sampah di lingkungan dan manfaat lain masyarakat yang membawa sampah mempunyai tabungan senilai dengan harga sampah yang dibawa. Adapun harga sampah bervariasi dari kertas, plastik, besi, kaca dll.

Penimbangan sampah yang disetorkan oleh warga.

Menurut Aris selaku petugas di Bank Sampah tersebut, masyarakat sangat antusias dengan adanya Bank Sampah di Kecamatan Pulosari. Dengan kebijakan Camat Pulosari setiap hari Jum’at seluruh pegawai di lingkungan Kecamatan Pulosari membawa sampah dari rumah masing-masing dan disetorkan ke Bank Sampah Wijaya Kusuma. Hal ini tentu sangat membantu sekali dalam upaya kebersihan lingkungan baik di rumah maupun di lingkungan kantor.

Aris (petugas Bank Sampah) sedang menerimadan mencatat setoran sampah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *