berita desakegiatan dinas

PELATIHAN PERTANIAN BAGI KELOMPOK TANI

Desa Gunungsari merupakan salah satu desa di Wilayah Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani, sehingga pada tahun anggaran 2021 ini Pemerintah Desa Gunungsari telah menganggarkan kegiatan Pelatihan Pertanian melalui Anggaran Dana Desa tahun 2021 Tahap III dan kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 18 Desember 2021 di Balai Desa Gunungsari dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas para petani agar lebih maju.

Kegiatan Pelatihan Pertanian di Desa Gunungsari diikuti oleh seluruh kelompok tani di Desa Gunungsari dengan jumlah peserta 30 orang dan dibuka langsung oleh Kepala Desa Gunungsari Teteg Winanteya. Pelatihan tersebut dipandu oleh Narasumber dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Pulosari.

“Petani harus selalu berinovasi agar hasil pertanian lebih meningkat dan dapat menjadi sumber penghasilan yang dominan,” begitu salah satu ambutan dari Kepaa Desa Gunungsari (Teteg Winanteya)

“Materi pada pelatihan pertanian tersebut fokus pada cara pembibitan pohon pisang yang baik dan benar, dimana tanaman pisang di Desa Gunungsari merupakan salah satu tanaman yang sangat produktif dengan usia panen yang singkat serta pesanan buah pisang dari luar kota sangat banyak setiap harinya”, demikian yang disampaiakan Ratna salah satu narasumber.

Selain materi pelatihan, juga dilakukan praktek cara penanaman serta perawatan dan perbanyakan bibit pisang oleh narasumber dan peserta pelatihan.

Romi (duduk) ssalah satu narasumber mempraktekkan cara perbanyakan bibit pohon pisang

Para peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. “Kami sangat berterima kasih sekali kepada Pemerintah Desa karena sudah memperhatikan petani untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat dengan mengadakan pelatihan yang dipandu oleh narasumber yang berpengalaman,” begitu ucap Lesmono salah satu peserta pelatihan.

Lesmono mewakili seluruh peserta berharap “Pelatihan untuk para petani agar tidak hanya di tahun ini saja, kami berharap pelatihan ini akan terus ada dengan materi yang berbeda karena di Desa Gunungsari ini banyak petani dengan komoditas yang berbeda-beda dan harapannya setelah pelatihan ini dari Pemerintah Desa serta Narasumber agar dapat memantau dan mendampingi para petani”.

Berita : Tim Multimedia Kecamatan Pulosari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *