kegiatan dinas

PEMBINAAN ADMINISTRASI PEMERINTAHAN DESA

Pulosari- Dalam rangka tertib administrasi Pemerintahan Desa di wilayah Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang, Sekretaris Kecamatan Pulosari Muhibin,A.Md,SH. Bersama Tim Pembinaan Administrasi melakukan pembinaan dan juga fasilitasi terkait dengan Tertib Administrasi Pemerintahan Desa.

Kegiatan pembinaan dan fasilitasi tersebut mendasari pada Peraturan Bupati Pemalang Nomor 31 Tahun 2019 tentang Pembinaan dan Pengawasan Pemerintah Desa di Kabupaten Pemalang.

Menindaklanjuti Peraturan Bupati tersebut maka Camat Pulosari memerintahkan jajarannya melalui surat tugas Camat Pulosari Nomor 140/321/Pulosari tanggal 24 Mei 2022 agar tim yang sudah ditugaskan melakukan pembinaan di masing-masing desa. Pembinaan tersebut sesuai surat tugas dilaksanakan satu hari satu desa mulai tanggal 6 Juni s/d 24 Juni 2022.

Dalam sambutannya saat pembinaan di Desa Clekatakan, Sekcam Pulosari menyampaikan “Administrasi dari dokumen perencanaan, pelaksanaan sampai pelaporan menjadi kewajiban desa untuk selalu dikerjakan sebagai upaya tertib administrasi di desa”.

Sutrisno selaku Kepala Desa Clekatakan menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim pembinaan dari kecamatan, atas pembinaan dan sekaligus fasilitasi kepada Pemerintah Desa agar di Desa Clekatakan dapat tertib dalam pengadministasian desa. Harapannya pembinaan dan fasilitasi ini dilaksanakan secara rutid di masing-masing desa, agar desa secara rutin dapat melengkapi dan mengerjakan administrasi.

Dalam pembinaan tersebut tim mengecek satu persatu buku administrasi desa antara lain :

  1. Administrasi Umum
  2. Administrasi Penduduk
  3. Administrasi Keuangan Desa
  4. Administrasi Pembangunan Desa
  5. Administrasi Lembaga Kemasyarakatan
  6. Administrasi badan Permusyawaratan Desa

Dari hasil pembinaan di Desa Clekatakan, masih ada buku administrasi yang belum lengkap dikerjakan oleh Kasi maupun Kaur, untuk itu kecamatan akan memfasilitasi dan melakukan pendampingan agar kedepan tercipta tata kelola adminstrasi pemerintahan desa yang tertib.

Multimedia Center Kecamatan Pulosari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *