Beritakegiatan dinas

Kunjungan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN)

Nyalembeng- Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) melakukan kunjungan dinas di Desa Nyalembeng Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang pada hari Kamis, 17 Juni 2022.

Pada kunjungan dinas tersebut Tim BRIN didampingi oleh Tim dari Bappeda Kabupaten Pemalang. Tim melakukan riset di lokasi Obyek Wisata Bukit Tangkeban yang diterima oleh  Sekcam, Kasi PMD, Kasubag Binpro, Kepala Desa Nyalembeng dan Direktur Bumdes Mandiri Sejahtera.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk melakukan riset tentang pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) “Mandiri Sejahtera” yang memiliki usaha pariwisata yaitu Bukit Tangkeban dan telah memberikan Pendapatan Asli Desa (PADes).

“Secara pengelolaan Bumdes Mandiri Sejahtera yang mengelola Wisata Bukit Tangkeban sudah bagus dan telah memberikan nilai lebih untuk Pendapatan Desa Nyalembeng”, demikian disampaikan oleh salah satu Tim BRIN.

Kepala Desa Nyalembeng (Kunedi) menjelaskan, “Bumdes di Desa Nyalembeng telah berdiri sejak tahun 2015, dan pengelolaan Obyek Wisata Bukit Tangkeban baru kami mulai di Tahun 2017 sampai sekarang, Alhamdulillah dari pengelolaan wisata ini sudah merekrut tenaga kerja kurang lebih 100 orang”.

Bukit Tangkeban selama dikelola oleh Bumdes telah menjadi sebuah obyek wisata alam yang sangat poluler di Kabupaten Pemalang bahkan telah masuk pada nominasi wisata populer pada Pesona Indonesia.

“Kami berharap kemajuan Bumdes dapat diimbangi dengan administrasi yang bagus agar tercipta tata kelola wisata yang baik dan benar”, demikian disampaikan oleh Muhibin, selaku Sekretaris Kecamatan Pulosari.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *