Beritakegiatan dinas

Penyerahan Bantuan DLHK Jateng Kepada Kelompok Tani Desa Penakir

Camat Pulosari Umar Azis,S.Sos mendampingi Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah dalam rangka penyerahan bantuan alat pasca panen kopi atau mesin Roasting kopi serta pelatihan pengunaannya kepada kelompok Tani Hutan Karya Tani Desa Penakir, Kecamatan Pulosari pada Selasa (12/7/2022).

Mesin Roasting kopi merupakan alat yang digunakan untuk menyangrai kopi, sehingga biji kopi akan terpisah dari kulitnya. Selain itu, mesin ini juga akan menggiling kopi menjadi bubuk kopi yang halus.

Penyerahan bantuan oleh Kepala Cabang dinas kehutanan wilayah V (lima) yang dilaksanakan di halaman kantor Desa Penakir di hadiri oleh Camat Pulosari, Kades Penakir beserta perangkatnya, dan beberapa perwakilan kelompok tani hutan dari beberapa wilayah di sekitar Kabupaten Pemalang,

Menurut Suhirin, S,Hut.,M.Si, Kepala Cabang Dinas kehutanan wilayah V (lima) Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, memaparkan perihal penyerahan 3 (tiga) alat, mesin Roasting, pengupas kulit kopi, dan timbangan.

“Hari ini penyerahan bantuan alat pasca panen kopi kepada masyarakat, kami serahkan 3 (tiga) alat, Roasting, pengupas kulit kopi, dan timbangan, yang memang dibutuhkan oleh mereka, karena di Desa Penakir sudah ada usaha kopi, harapan kami agar dengan adanya bantuan alat yang memadai akan lebih meningkatkan kualitas produksi. Kemudian saya berharap agar alat ini betul-betul dimanfaatkan oleh masyarakat/kelompok tani bukan untuk pribadi, tentunya supaya alat ini bermanfaat secara maksimal, konteksnya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat,”paparnya kepada ICN.

Di tempat yang sama, Camat Pulosari Umar Aziz S.sos, juga mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada kelompok tani di wilayahnya,

“Saya ucapkan terima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah atas bantuan alat pasca panen kopi kepada masyarakat kelompok tani Desa Penakir, dan semoga dengan adanya alat tersebut, lebih meningkatkan lagi kualitas prodak kopinya. Dan semoga ke depan, kopi Pulosari dikenal bukan di Kabupaten Pemalang saja, tapi lebih ke tingkat nasional,”harapnya dengan penuh semangat.

Senada dengan Camat Pulosari, kepala Desa Penakir Agus juga mengapresiasi dan bersyukur atas bantuan tersebut.
“Saya ucapkan terima kasih untuk Gubernur Jawa Tengah, melalui Dinas Kehutanan wilayah V (lima), atas bantuan hibahnya alat pengolahan kopi pasca panen kepada warganya, semoga bermanfaat dan lebih meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Penakir,”ucapnya singkat.

Sementara menurut Ketua Kelompok Tani Hutan Karya Tani Desa Penakir Saeful Anwar bahwa Warga Penakir Krajan juga sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan, semoga bisa bermanfaat.
“Trimakasih, atas apa yang diberikan oleh dinas kehutanan wilayah V (lima) tentunya bantuan ini bukan hanya untuk kelompok tani saja, tapi untuk masyarakat Desa Penakir yang ingin menggunakannya juga kami persilahkan,”pungkasnya sambil pamit untuk mengikuti pelatihan.

(Berita disadur dari Media ICN – Pemalang – penulis iwan/saeful)

Penyerahan Bantuan DLHK Jateng Kepada Kelompok Tani Desa Penakir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *