berita desaPKK

Sosialisasi Pengelolaan Sampah Mandiri

Pada hari Selasa, 28 November 2023 Pukul 09.00 WIB bertempat di Gedung Srba Guna Desa Cikendung Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga.

Hadir sebagai narasumber Evi Yuniastuti selaku Pengadministrasi Pemerintahan Pada Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kecamatan Pulosari dan Yunita Dwi Kumalasanti selaku Full Timer PKK Kecamatan Pulosari.

Kegiatan Sosialisasi tersebut bersumber dari Dana Desa Tahun 2023 yang sudah teralokasi pada APBDesa Cikendung Tahun Anggaran 2023.

Kegiatan diikuti oleh Kader PKK dan Masyarakat Umum khususnya ibu rumah tangga di Desa Cikendung.

Dalam paparannya Evi Yuniastuti menyampaikan ada sedikitnya 6 Cara Mandiri Pengelolaan Sampah Rumah Tangga yang bisa dilakukan oleh Masyarakat antara lain :

1.Olah Sampah Organik Menjadi Pupuk.                                                                                           

Cara  pengolahan sampah mandiri bisa dilakukan dengan menyisihkan sampah organik untuk diolah menjadi pupuk. Jenis pupuk yang diolah dari sampah organik adalah pupuk kompos yang bisa dipakai untuk menyuburkan tanaman.Perlu Anda ketahui, pupuk kompos dari sampah organik ini memiliki aroma yang menyengat. Jika tidak tahan dengan aromanya sebaiknya olah dan berikan kepada kerabat yang berjualan tanaman atau hobi berkebun.

2.Buat Ecobrick.                                                                                                                       

Ecobrick merupakan cara terbaik mengolah limbah plastik agar tidak berujung pada tempat pembuangan akhir.Dengan membuat ecobrick, Anda telah melakukan usaha mencegah sampah-sampah di dalam botol plastik melepaskan CO2 dan meningkatkan pemanasan global. Ecobrick ini bisa dimanfaatkan untuk membuat furnitur modular, perabotan indoor, dinding struktur, dan masih banyak lagi.

3.Terapkan Prinsip 3R.                                                                                                                   

Prinsip 3R terdiri dari Reuse (penggunaan kembali), Reduce (mengurangi), dan Recycle (mendaur ulang). 3R merupakan perpanjangan tangan dari pemisahan sampah sesuai jenisnya.Sebagai contoh, prinsip 3R ini dapat dijalankan dengan cara menggunakan plastik botol air mineral untuk digunakan kembali sebagai vas bunga atau hiasan dinding. Intinya, prinsip 3R ini juga mengurangi berakhirnya sampah plastik yang sulit terurai di tempat pembuangan akhir.

4.Gagas Ide Bank Sampah.                                                                                                           

Keuntungan dari bank sampah tidak hanya diperoleh oleh penggagas bank sampahnya sendiri, tapi juga bagi nasabah yang menyetorkan sampah plastiknya. Nasabah juga akan memperoleh uang ketika menyetorkan sampah-sampahnya ke bank sampah ini.

5.Kurangi Sampah Sesuai Kemampuan.                                                                                             

Hal utama yang bisa dilakukan dimulai dengan mengurangi sampah makanan dengan menghabiskan seluruh makanan yang sudah diambil. Di samping itu, kurangi juga konsumsi air mineral dalam kemasan botol dan sebagai gantinya bawa saja tumbler atau botol minum sendiri.

6.Gunakan Kembali Plastik untuk Sekali Pakai.                                                                         

Manfaatkan plastik yang ada tulisan sekali pakai ini untuk benda-benda lain, seperti untuk menanam bunga dan diisi dengan tanah. Dengan cara sederhana ini, dijamin jumlah plastik yang berakhir di tempat pembuangan akhir jadi berkurang.

Menurut Rikhyati selaku Ketua Tim Penggerak PKK Desa Cikendung, Kegiatan ini sangat penting untuk mengantisipasi darurat sampah di Desa Cikendung. Harapannya setelah sosialisasi ini Masyarakat Desa Cikendung dapat menerapkan pola pengelolaan sampah secara mandiri di rumah tangga.

Acara Sosialisasi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga ini berjalan dengan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *